TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI! SEMOGA ANDA MENDAPATKAN MANFAAT DARI BLOG INI!

Wednesday, March 5, 2014

Panduan Memainkan eRepublik

eRepublik adalah permainan massively multiple player online pertama, jaringan sosial, dan permainan strategi yang dikembangkan oleh eRepublik Labs dan diluncurkan pada tanggal 21 Oktober 2008 dan dapat diakses melalui internet secara gratis. Permainan ini dikembangkan oleh Alexis Bonte dan George Lemnaru. Kini terdapat 23 petugas untuk situs ini.
eRepublik memadukan baik jaringan sosial maupun permainan strategi kedalam satu permainan. Permainan ini berlatar di dunia yang disebut the New World (Dunia Baru) yang merupakan versi virtual negara-negara di dunia, di mana pemain dapat berpartisipasi sebagai penduduk. Mereka dapat menjadi karyawan, menjadi wiraswasta, menjadi editor media massa, mendirikan partai politik, memilih dalam pemilihan umum, menjadi ketua partai, anggota kongres atau presiden, dan bahkan menyatakan perang terhadap negara lain. Pemain juga dapat menciptakan dan mengubah sejarah. Sebelum bergabung, pemain dapat memilih negara virtual yang ia inginkan. Tiap negara dinamai dari negara yang ada di dunia dan terletak di tempat yang sama. Penduduk lalu mencari pekerjaan dan mendapat kesempatan berlatih sebagai tentara. Berlatih dan bekerja di perusahaan dilakukan satu kali sehari dengan hanya memencet dua tombol. Salah satu dari poin gambaran eRepublik adalah bahwa eRepublik hanya memakan "14 menit per hari".
Yang harus dilakukan setelah registered di eRepublik adalah sebagai berikut:
  1. Become soldier (Military > train here > become soldier) – Hal ini untuk menjadikan anda sebagai tentara Nasional eIndonesia, dan meningkatkan kualitas strange (STR) anda.
  2. Mencari pekerjaan (Economy > Find Job) – Dengan ini anda dapat mencari pekerjaan dan dapat bekerja di salah satu perusahaan yang ada di EI. dengan cara inilah anda dapat mendapatkan uang. Buatlah CV pada industri yang anda inginkan, dan masukan salary sebesar 1-2 IDR untuk newbie.
  3. Klik train (Military > train here) dan work (economy > your companies > work) setiap hari – Semakin anda rajin maka semakin cepat skill anda meningkat. 
  4. Bergabung kedalam partai (politics > join party) – Hal tersebut dimaksudkan agar anda dapat tergabung dalam sebuah partai. Pilihlah partai yang sesuai dengan hati nurani anda. nasionalisme, liberalisme, kapitalisme, dan sosialisme. Dengan bergabung pada partai, anda dapat mengajukan diri menjadi congressmen (parlemen/DPR), voting tentang kebijakan presiden, menjadi gubernur, bahkan sampai pencalonan presiden.
  5. Buat sebuah newspaper (media > create newspaper) – hal ini dimaksudkan agar anda dapat menyampaikan aspirasi anda tentang kenegaraan melalui tulisan-tulisan briliant anda. Ketentuan tentang media dapat di lihat disini. 
  6. Baca press release (media > latest news > press release) – Hal ini ditujukan agar anda mengetahui segala kebijakan-kebijakan yang pemerintah lakukan, atau proyek-proyek yang sedang negara jalankan. 
  7. Bergabung ke forum (www.erepublikindonesia.com) – bergabunglah di forum khusus rakyat erepublik indonesia. Di forum tersebut, anda dapat bertegursapa, menanyakan tentang EI, serta mendapat informasi yang lebih. silahkan kunjungi situs resmi disini.
  • Fitur Lain
  1. My Profile (society > My profile) – pada halaman tersebut anda dapat melihat status karakter anda.
  2. Invite Friends –Invite (ajak gabung) teman anda, dan dapatkan 5 gold setiap anda berhasil mengajak teman anda.
  3. Holiday Mode (society > Holiday mode) – Jika anda akan meninggalkan erepublik Indonesia dalam waktu yang lama, silahkan pilih fitur holiday mode. Food, wellnes tidak akan berkurang, dan anda tidak dapat diserang jika terjadi peperangan. Kekurangannya adalah anda tidak bisa mengikuti kegiatan yang ada di EI (pause mode : on).
  4. Marketplace (economy > market place) – pada halaman ini anda dapat membeli sejumlah kebutuhan pokok.
Berikut ini penjelasan tiap-tiap perusahaan/barang di Erepublik :
  1. Food – Menghasilkan food. Dimakan tiap ganti hari. Gunanya menambah +1 wellness.
  2. Moving – Menghasilkan tiket. Yap, seperti tiket pesawat. Berguna kalo kita mau pindah lokasi, baik antar provinsi maupun antar negara.
  3. Housing – Menghasilkan rumah. Rumah berguna untuk mendapatkan +1 wellness tiap ganti hari (tiap makan food). Housing ini nih yang memungkinkan wellness kita 100%, trus produktivitas meningkat 2x lipat.
  4. Gift – Menghasilkan gift/kado. Gunanya buat dikirimkan ke orang lain, misalnya untuk bribe/pdkt. Efek gift ke orang tsb meningkatkan wellness (berapa banyak gak tau). Jangan lupa, gift ini tidak bisa dipakai sendiri, jadi harus dikirimkan.
  5. Weapon – Menambah extra strenght. Setau gw, 1 weapon pemakaiannya cuma bberapa kali perang gitu. Tapi kalo ga dipake perang/battle ya jadi pajangan terus.
  6. Hospitall – Menambah extra wellnes, hospital hanya dapat dibeli oleh gubernur. 1 propinsi hanya membutuhkan 1 hospital. Sangat berguna untuk pemulihan wellnes ketika perang nanti.
  7. Exchange money (economy > exchange money) – Di halaman ini anda dapat membeli gold, maupun menukar gold yang anda punya dengan IDR.
  • e-AKMIL (eAkademi Militer) – Pemerintah bekerja sama dengan AKMIL, mengadakan program pelatihan perakitan senjata. untuk dapat mengikutinya silahkan anda mencari info nya disini.
  • NO Clone – Clone atau disebut juga kloningan, adalah hal yang sangat keras dilarang. Kami tahu bahwa dengan kloningan anda dapat menjadi kaya dengan sangat cepat. Tetapi itu akan merugikan diri anda sendiri juga negara. Kerugian untuk negara, jumlah pendapatan perkapita (GDP / citizen) akan terus menurun sehingga ranking ekonomi Erepublik Indonesia akan menurun pula. Kerugian untuk anda adalah, anda akan di ban oleh system, dan tidak dapat login ke dalam erepublik kembali.
  • Privacy – Sesuai pada halaman http://www.erepublik.com/privacy.html, sistem dari situs erepublik akan menyimpan cookies di browser anda. Sistem juga akan melacak IP adress anda. Jadi penyalahgunaan account akan jelas terlihat oleh admin erepublik
  • Wellness – Wellnes seperti nyawa anda, jika wellnes anda 0, maka riwayat anda tamat. Wellnes juga berpengaruh pada poructivity setiap anda bekerja. Jika wellness anda tinggi, maka productivity anda tinggi.
  • GMT – Erepublik menggunakan zona waktu GMT (Greenwich Main Time). untuk WIB, selisih GMT adalah 7 jam, sehingga pergantian hari dilakukan setiap tanggal 07:00 untuk daerah WIB.
  • Subscribe – Subscribe lah koran ini jika dirasakan perlu dan penting, anda dapat memilih menu subscribe yang terdapat di bagian kiri artikel. (Artikel ditulis oleh nugelobudug dan diteruskan oleh rainwundard)
Pengurangan Wellness Points
Setiap melakukan Military Training Anda akan kekurangan 1 Wellness Points
Setiap bekerja di perusahaan, Anda juga akan kehilangan Wellness Points. Namun demikian jumlahnya tidak sama untuk setiap penduduk Erepublik
Penduduk yang Bekerja di Perusahaan yang menghasilkan produk Q1 akan kehilangan 1 Wellness Points, jadi total Wellness Points yang berkurang apabila dalam satu hari dia melakukan Military Training dan Bekerja di Perusahaan adalah 2 Points (-2 Pts)
Penduduk yang Bekerja di Perusahaan Q2 akan kehilangan 2 Wellness Points (Total = -3 Pts)
Penduduk yang Bekerja di Perusahaan Q3 akan kehilangan 3 Wellness Points (Total = -4 Pts)
..dan seterusnya

Penambahan Wellness Points
Makanan Q1 akan menambah 1 Wellness Points setiap kali dimakan
Makanan Q2 akan menambah 2 Wellness Points setiap kali dimakan
Makanan Q3 akan menambah 3 Wellness Points setiap kali dimakan
..dan seterusnya.

Kado Q1 akan menambah 1 Wellness Points setiap kali kita menerimanya
Kado Q2 akan menambah 2 Wellness Points setiap kali kita menerimanya
Kado Q3 akan menambah 3 Wellness Points setiap kali kita menerimanya
..dan seterusnya.

Catatan: (Kado hanya bisa dikirimkan oleh orang lain, kita tidak dapat menggunakannya sendiri, seperti Makanan)
Rumah Q1 akan menambah 1 Wellness Points setiap kali Anda memakan sebuah Makanan (apapun kualitasnya)
Rumah Q2 akan menambah 2 Wellness Points setiap kali Anda memakan sebuah Makanan (apapun kualitasnya)
Rumah Q3 akan menambah 3 Wellness Points setiap kali Anda memakan sebuah Makanan (apapun kualitasnya)
..dan seterusnya.

Wellness merepresentasikan kesehatan Anda dan sebagai indikator perasaan hati yang akan membantu Anda dalam mencapai tingkat produktivitas yang lebih tinggi saat bekerja, juga sekaligus memperbesar kemungkinan menang dalam suatu pertempuran. Bila wellness Anda mencapai angka 0, maka Anda akan meninggal.

Penambahan Wellness
  • Makanan – Membeli makanan dengan kualitas yang lebih baik akan membantu meningkatkan wellness Anda setiap harinya dan menjaga Anda untuk tetap hidup.
    Wellness: (+1/hari) * Kualitas Makanan
  • Rumah – Memiliki rumah akan meningkatkan wellness Anda setiap harinya.
    Wellness: (+1/hari) * Kualitas Rumah
  • Kado – Menerima kado akan meningkatkan wellness Anda.
    Wellness: (+1) * Kualitas Kado
  • Rumah Sakit – Rumah Sakit sangat dibutuhkan di setiap Provinsi untuk menyembuhkan tentara yang kalah dalam perang. Rumah sakit hanya berfungsi satu kali dalam sehari.
    Wellness: (+10) * Kualitas Rumah Sakit
  • Bepergian Menggunakan 1st Class – Kursi kulit, makanan berkualitas dan hiburan yang sangat menarik akan sangat menyenangkan ketika Anda bepergian.
    Wellness: Ticket quality level 4: (+1), Ticket quality level 5: (+2)
  • Membeli Wellness Box – Tidak ada yang tahu apa isi dari wellness box, tetapi seseorang yang telah membukanya mengatakan bahwa ia merasa wellness yang dia miliki meningkat dengan sangat cepat.
    Wellness: (+10), Harga: 2 Gold

Pengurangan Wellness
  • Bekerja – Bekerja di suatu perusahaan akan memberikan Anda uang, namun juga akan mengurangi wellness Anda.
    Wellness: (-1) * Kualitas perusahaan tempat Anda bekerja
  • Berlatih – Setiap kali Anda berlatih, Anda akan mendapatkan kekuatan, namun juga akan menyebabkan Anda kelelahan, sehingga menyebabkan Anda kekurangan 1 wellness point.
    Wellness: (-1)
  • Bepergian dengan tiket murah – Menggunakan tiket moving dengan kualitas rendah akan mengurangi wellness Anda.
    Wellness: Ticket quality level 1: (-2), Ticket quality level 2: (-1)
  • Pertempuran – Memenangi pertempuran akan mengurangi sebagian wellness Anda, namun apabila Anda kalah, maka wellness Anda akan turun hingga menjadi 10%.
    Wellness critical level: 10%
Demikianlah sedikit panduan untuk memainkan eReublik. Semoga bisa membantu teman-teman semua yang sedang ingin mempelajari game ini. Mari kita semua memajukan Indonesia di dunia virtual eRepublik. Download eRepublik untuk smartphone android disini. Lihat juga game online yang dapat menghasilkan uang rupiah untuk kehidupan kita disini.

"Berhentilah menangisi yang sudah terjadi. Simpan air matamu untuk hal-hal yang akan terjadi."

I Love Indonesia