TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI! SEMOGA ANDA MENDAPATKAN MANFAAT DARI BLOG INI!

Thursday, February 6, 2014

Gua Selarong

 

Gua Selarong merupakan saksi sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro dan laskarnya sebagai markas gerilya melawan penjajahan Belanda. Gua inilah menjadi saksi perjuangan Pangeran Diponegoro menyusun strategi melawan penjajahan Belanda. Bermarkas di Gua Selarong, laskar Pangeran Diponegoro telah diserang tiga kali oleh prajurit Belanda, tepatnya pada tanggal 25 Juli, 3 Oktober, dan 4 Oktober 1825. Peperangan yang terjadi itu dikenal dengan nama Perang Jawa yang terjadi selama lima tahun, yaitu pada tahun 1825 – 1830.
Pangeran Diponegoro (1785 – 1855) merupakan putra sulung Sultan Hamengkubowono III (1769-1814). Ambisi yang bajaksana yang dimiliki oleh Pangeran Diponegoro yang  memilih hidup merakyat dan tinggal di Desa Tegal Rejo tidak untuk menuntut menjadi raja. Karena dikepung Belanda pada tanggal 20 Juli 1825 di Desa tempat tinggalnya, selanjutnya Pangeran Diponegoro bersama pengikutnya menyingkir ke Gua Selarong.
Gua Selarong sendiri terletak di Dusun Kembang Putihan, Desa Guwosari Kecamatan Pajangan, Bantul. Dari arah kota yogyakarta sekitar 14 km menuju arah selatan. Pathokan untuk menuju kesana adalah pada perempatan dongkelan (jalan lingkar selatan (ring road selatan) – jl Bantul). Pilihlah jalan arah selatan hingga sekitar 2 km, anda akan  menemukan gerbang desa wisata Kasongan. Selanjutnya anda ke arah barat melewati gerbang hingga 3-4 km sampai di perempatan Guwosari/ Pajangan.
Letak Goa Selarong sendiri di area pegunungan kapur yang sejuk karena ditumbuhi oleh pepohonan yang rindang. Dalam kompleks wisata Goa selarong ini anda akan disuguhkan oleh beberapa objek wisata yang bisa membuat anda sejenak melupakan hiruk pikuknya kota Yogyakarta, patung Pangeran Diponegoro yang gagah bersama kudanya akan anda jumpai disana.
Untuk sampai di Goa Selarong, anda akan menikmati suasana jalan kecil yang mulus sekitar 200 meter sampai di area parkir objek wisata. Di area itu juga akan anda jumpai penjual buah segar ciri khas daerah itu.
Nah, dari situ perjalanan anda menuju objek goa dimulai dengan menaiki anak tangga yang lumaya cukup curam tapi mengasikkan. Sampai nanti anda akan dipertemukan dengan Gua yang berada di sebelah kiri dan kanan jalan.Gua Putri dan gua kakung. Gua Putri ini dahulu merupakan tempat istirahat Raden Ayu Ratnaningsih, Istri Pangeran Diponegoro. Sedangkan Gua Kakung dahulu merupakan tempat istirahat Pangeran Diponegoro.
Selain gua, Anda bisa juga mengunjungi sebuah sumber air (sendang) yang bernama Sendang Manik Maya. Untuk menuju sendangi, Anda melewati jembatan kecil di atas kali kering tempat mengalirnya limpahan air terjun di saat hujan tiba. Sendang ini diyakini merupakan sumber air suci yang dahulu digunakan rombongan Pangeran Diponegoro, di dekat sendang itu terdapat sebuah sumber mata air lainnya  dikenal dengan nama Sendang Umbul Mulya, dan sendang digunakan untuk memasak dan mencuci. Gua selarong juga merupakan salah satu objek wisata religius yang banyak wisatawan datang untuk melakukan nenepi atau menyepi dari berbagai macam keramaian yang biasa mereka jumpai ditempat tinggal mereka.
Bagaimana anda suka dengan tawaran objek wisata yang ditawarkan oleh Gua Selarong? Silahkan berkomentar setelah anda berkunjung. Yang pasti tempat ini merupakan objek wisata yang menjadi rekomendasi wisata di Yogyakarta.


I Love Indonesia